Senin, 15 Agustus 2016

GENERASI MUDA YANG DIBEKALI PENDIDIKAN BISA MELAKUKAN BANYAK HAL UNTUK KEMAJUAN NEGARA. YES OR NO?


Generasi muda yang dibekali pendidikan bisa melakukan banyak hal hebat untuk kemajuan negara. Yes or No?



Pasti yes! Ya bun..

Mengutip cuitan dari akun twitter resminya UNICEF Indonesia :

UNICEF Indonesia on Twitter: "Generasi muda yang dibekali dgn pendidikan bisa melakukan banyak hal hebat utk kemajuan negara. YES or NO?"

Pendidikan itu anggap saja seperti investasi jangka panjang yang harus dipersiapkan sedini mungkin untuk mendapatkan manfaat di masa yang akan datang dalam menghadapi kompetisi kebutuhan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul dan bermanfaat.  
Pendidikan merupakan pondasi bagi kemajuan suatu bangsa, dimana sasaran utamanya adalah generasi muda sebagai cikal bakal penerus bangsa. Generasi muda yang dibekali pendidikan yang berkualitas akan dapat melakukan banyak hal hebat untuk kemajuan negara.
Sehingga setiap generasi muda harus telah dipersiapkan dengan bekal ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan kepribadian yang bernilai dan tangguh.




Pendidikan yang dimaksud dapat dilakukan dalam 2 cara, yaitu melalui :
1.      Pendidikan Formal, yaitu merupakan pendidikan di sekolah yang di peroleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah yang lahir dan berkembang secara efektif dan efisien dari dan oleh serta untuk masyarakat, merupakan perangkat yang berkewajiban memberikan pelayanan kepada generasi muda dalam mendidik warga negara.
2.      Pendidikan Informal, yaitu merupakan pendidikan yang dilakukan sepanjang usia, untuk memperoleh nilai, sikap, ketrampilan. Didapat melalui pengalaman hidup dan pengaruh lingkungan sosial seperti keluarga, pergaulan, dan hubungan sosial di tengah masyarakat.
Pendidikan karakter juga penting ya bun, agar generasi muda memiliki sikap dan akhlak yang positif.


Sarana dan prasrana pendukung pendidikan mulai ditingkatkan untuk mencapai generasi muda yang berkualitas. Adanya program sekolah gratis, GOTA (Gerakan Orang Tua Asuh), dan beasiswa-baik dari pihak swasta maupun pemerintah, dilakukan agar masyarakat yang tidak memiliki kemampuan ekonomi dapat ikut membekali generasi mudanya dengan pendidikan berkualitas yang merata di segala lapisan masyarakat.

      Ketika generasi muda berprestasi dan menjuarai suatu kejuaraan internasional, selain membanggakan orangtua juga prestasi tersebut akan mengangkat nama negara di mata dunia. Pendidikan yang berkualitas akan mencetak generasi muda yang handal dan melakukan banyak hal hebat untuk kemajuan negara.

Peran Serta Orang Tua, Masyarakat, dan Lembaga Pendidikan
Dalam hal ini orang tua, masyarakat, dan lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan generasi muda yang berpendidikan. Adanya kerjasama yang sinergis akan menyempurnakan tujuan tersebut. Pengawasan dan bimbingan dari seluruh pihak terkait, motivasi positif yang memacu semangat generasi muda dan menanamkan mindset akan pentingnya arti pendidikan. Ingat posisi bunda-selaku orangtua, sebagai penggerak utama dalam tumbuh kembangnya generasi muda.

Kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh kualitas SDMnya terutama generasi muda sebagai cikal bakal bangsa. Karena setiap hal hebat yang dilakukan generasi muda akan sangat berpengaruh pada kemajuan negaranya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Femalixious
| Distributed By Gooyaabi Templates