Minggu, 21 Agustus 2016

Waspada Keputihan



Keputihan adalah kondisi normal yang biasa dialami wanita pada saat sebelum datang bulan dan saat setelah datang bulan.

Keputihan atau fluor albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 2 golongan, yaitu keputihan normal (fisiologis) yaitu yang biasa terjadi setiap bulannya, dan keputihan abnormal (patologis) yaitu keputihan yang muncul akibat infeksi pada vagina yang disertai rasa gatal di dalam wagina dan di sekitar bibir vagina. Infeksi ini bisa terjadi karena bakteri, virus, jamur atau protozoa. Infeksi jenis ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing ,sehingga menimbulkan rasa sakit saat si penderita buang air kecil.

Ciri-ciri :

Keputihan masih tergolong normal bila :
1. Bentuknya cair/encer
2. Warna bening atau sedikit putih
3. Jumlahnya sedikit
4. Hampir tidak berbau
5. pH asam, antara 3,8 – 4,5
6. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.


Keputihan yang abnormal bila :
1. Bentuknya kental
2. Berwarna putih susu, kuning atau hijau
3. Dalam jumlah banyak
4. Berbau tidak sedap
5. Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya
6. Mengandung darah

Apabila mendapati keputihan yang abnormal pada organ vital anda, jangan sampai dibiarkan atau dianggap sepele. Karena infeksi vagina yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebar ke sistem reproduksi bagian atas sehingga memicu radang, penyumbatan lubang dan saluran sistem reproduksi. Ini dapat mengakibatkan infertilitas/kemandulan.
Untuk memastikan penyebab keputihan abnormal maka dokter akan menyarankan pemeriksaan sekret vagina dan Pap smear, pada kasus tertentu perlu dilanjutkan biakan kuman dan tes resistensi.
Pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan keputihan bisa dengan menggunakan obat-obatan kimia ataupun dapat juga dilakukan dengan cara alami (herbal). Biasanya pengobatan yang dilakukan dengan cara alami (herbal) membutuhkan waktu yang lama sehingga banyak orang merasa enggan menempuhnya dan tidak sabaran. Tapi jangan mengambil resiko dengan menggunakan obat-obatan kimia, walaupun lebih cepat proses penyembuhannya, namun membawa efek samping di kemudian hari bagi kesehatan tubuh anda. Segeralah konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.








0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Femalixious
| Distributed By Gooyaabi Templates